Sekarang ini peranan IT dalam keidupan manusia sudah semakin penting.
Karena seiring dengan perkembangan IT tersebut manusia banyak melakukan
pekerjaannya di depan komputer maupun dengan menggunakan handphone untuk
komunikasi. Namun hal tersebut juga harus diimbangi dengan kesadaran
untuk menggunakan IT untuk kepentingan yang positif. Oleh karena tidak
sedikit juga para ahli IT yang menggunakannya untuk kejahatan. Sehingga
perkembangan IT di Indoesia sudah cukup berkembang, tetapi belum dalam
berbagai hal. Dan perlu adanya pengawasan dari pihak yang berwenang agar
dampak negatif dari IT dapat dikurangi. Beberapa contoh cerita berikut
ini diharapkan dapat membuka mata para pembaca sekalian.
Jika anda pergi ke stasiun kereta api Bandung atau Jakarta dan anda
ingin membeli karcis kereta api, maka anda harus antri di loket
penjualan karcis kereta api yang sudah computerized. Suatu saat sistem
penjualan kereta api ini tidak berfungsi sehingga karcis dijual tanpa
nomor tempat duduk. Dapat anda bayangkan yang terjadi di atas kereta
api, kekacauan. Masalahnya ada yang sudah pesan tempat sebelumnya dan
mendapat nomor tempat duduk, sementara ada yang membeli karcis tanpa
nomor tempat duduk (karena komputer rusak). Informasi tentang
nomor-nomor tempat duduk ini tidak dapat diakses oleh penjual karcis,
sehingga terjadi kekacauan.
Untuk melihat betapa kepemilikan informasi merupakan sebuah hal yang
penting dapat juga kita lihat dalam kasus ekonomi dan politik yang
sedang berlangsung saat ini. Siapa yang memiliki informasi akan
dikejar-kejar terus (baik atau buruk?). Bagi media masa yang mendapatkan
informasi terdahulu dan menerbitkannya akan memperoleh keuntungan dari
larisnya penjualan surat kabar, majalah atau tabloidnya. Bahkan di
jalanan ada orang yang menjual fotocopyan dari berita-berita yang ada di
surat kabar, majalah, atau tabloid.
Terus bagaimana peran pelajar/mahasiswa terhadap perkembangan IT di Indonesia?
dan bagaimana pencegahan dari hal-hal negatif dari perkembangan IT?
“Akan cukup pesat perubahan trend dan perkembangan teknologi informasi
(information technology) pada tahun 2010, khususnya pada bidang
multimedia dan game yang saya geluti. Untuk prediksi masing-masing
bidang dideskripsikan seperti list di bawah ini.
Social Gaming
Dampak perkembangan Facebook yang semakin besar di tahun 2010 akan
ditampilkan lebih seru melalui membesarnya pemain social game seperti
Farmville dan Playfish yang ditengarai sudah melebihi pertumbuhan
Twitter sekalipun. Perkembangan ini dipicu oleh munculnya penggunaan
micropayment yang semakin populer dan berkembang seperti model game
flash online.
Body Motion Sensor
Kini bermain game akan lebih asyik karena akan muncul kontroller yang
memanfaatkan gerakan anggota tubuh seperti badan, tangan dan kaki.
Microsoft memiliki projek Natal sementara Playstation juga memiliki
Motion Controller yang berfungsi sama. Sementara di PC sudah tersedia
beberapa software yang memanfaatkan gerakan tubuh dengan sensor webcam.
Augmented Reality
Perkembangan game dengan model augmented reality yang menggabungkan
dunia maya dan game di dalam satu simulasi, akan lebih populer
disebabkan makin tersedianya beberapa platform baru seperti Iphone yang
mendukung aplikasi Augmented Reality. Selama ini AR hanya populer di
desktop PC namun kini mulai merambah ke mobile gadget.
Internet TV
Perkembangan ini akan mulai marak di tanah air di tahun 2010 tapi masih
memiliki kendala mahalnya biaya untuk penggunaan umum. Namun begitu
trend internet TV akan melonjak drastis di 2010 disebabkan selesainya
infrastruktur Telkom yang saat ini dalam proses pembangunan.
Persoalannya adalah konten yang masih harus bersaing dengan social
network seperti Facebook yang cukup mengambil trafik bandwith yang
tinggi.
Mobile Payments
Sejalan dengan semakin maraknya Facebook di mobile gadget akan memicu
penggunaan mobile payment di HP. Model pembayaran T-Cash menjadi contoh
yang memulai trend tersebut di 2009. Pada tahun 2010 akan muncul
pemain-pemain baru di bidang pembayaran mobile online ini.
Online Application
Sudah usang menggunakan Office dengan PC Desktop dan harus terikat
dengan lokasi tertentu. Di 2010, penggunaan aplikasi berbasis web dengan
model Office Apps akan marak disebabkan meningkatkan bandwith yang
tersedia. Di tahun 2009 masih sebagian negara yang menggunakannya dengan
maksimal, perlahan-lahan trend ini akan mulai meningkat dengan cepat di
Asia dan Indonesia. Contohnya adalah aplikasi Zoho.
Cloud Computing
Seiring dengan kebutuhan aplikasi online, maka sistem cloud computing
akan merambah lebih jauh di tahun 2010. Tidak hanya menjadi penyedia
penyimpanan file maupun email dalam volume besar, namun sudah mulai
memberikan service dalam bentuk aplikasi baik tingkat enterprise maupun
individu.
Perkembangan IT yang cukup pesat tersebut harus diimbangi dengan
kesadaran untuk menggunakan IT untuk kebaikan, untuk hal yang positif.
Sehingga sesuai dengan fungsi IT yaitu sebagai alat komunikasi serta
alat bantu manusia dalam melakukan pekerjaan dan memperoleh informasi
serta berkomunikasi.
sumber : http://dejenks.blogspot.com/2012/11/perkembangan-it-di-indonesia.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar